Category: Bisnis

  • Bisnis Internasional

    SAP BISNIS INTERNASIONAL Kuliah Bisnis Internasional pertemuan 1 Revisi 02 Kuliah Bisnis Internasional pertemuan 3 Revisi 02 Kuliah Bisnis Internasional pertemuan 4 Revisi 02

  • Suku Bunga Bank

    SUKU BUNGA   PENGERTIAN BUNGA BANK Bunga bank dapat diartikan sebagai balas jasa yang diberikan oleh bank yang berdasarkan prinsip konvensional kepada nasabah oleh bank yang berdasarkan prinsip konvensional kepada nasabah yang membeli atau menjual produknya. Bunga juga dapat diartikan sebagai harga yang harus dibayar kepada nasabah (tang memiliki simpanan) dengan yang harus dibayar nasabah…

  • Sumber Dana Bank

    SUMBER-SUMBER DANA BANK   PENGERTIAN SUMBER – SUMBER DANA BANK Yang dimaksud dengan sumber-sumber dana bank adalah usaha bank dalam menghimpun dana untuk membiayai operasinya. Hal ini sesuai dengan fungsinya bahwa bank adalah lembaga keuangan dimana kegiatan sehari-harinya adalah dalam bidang jual beli uang, tentunya sebelum menjual uang bank harus lebih dulu membeli uang. Kegiatan…

  • Konsep Uang

    UANG Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kegiatan lembaga keuangan tidak lepas dari bidang keuangan, baik menarik dana, menyalurkan dana atau kegiatan lainnya. Pokok utama dari kegiatan keuangan adalah uang, karena uanglah yang dijadikan inti dari kegiatan lembaga keuangan. Pengertian Uang Uang sudah diguakan untuk segala keperluan sehari-hari dan merupakan suatu kebutuhan dalam menggerakkan perekonomian suatu…

  • Anggaran Bisnis

    Pengertian dan Peranan Anggaran Semakin berkembang suatu organisasi, maka kegiatan dan masalahnya akan semakin kompleks. Agar suatu organisasi dapat beroperasi dengan lancar maka banyak kegiatan harus dilaksanakan berdasarkan perencanaan yang cermat. Budget/ Business Budget/Anggaran Perusahaan adalah salah satu bentuk dari rencana. Bagi perusahaan tujuan dari anggaran perusahaan ini adalah untuk mendapatkan laba, keterpaduan pelaksanaan kegiatan…

  • Fungsi Produksi

    Pengertian Produksi Produksi adalah kegiatan perusahaan untuk menghasilkan barang atau jasa dari bahan-bahan atau sumber-sumber faktor produksi dengan tujuan untuk dijual lagi. Pengertian produksi tersebut memberikan arti lebih jauh lagi mengenai peranan manajer produksi. Tanggung jawab produksi sangat berkaitan erat dan secara langsung memberikan dam-pak yang besar bagi perusahaan. Oleh karena itu tanggung jawab manajer…

  • Fungsi Pemasaran

    Pengertian Pemasaran Pemasaran merupakan bagian yang penting berhubungan dengan pasar, karena pasar yang ada sekarang merupakan pasar pembeli di mana terjadinya transaksi jual beli ter-gantung pada keputusan pembeli sendiri. Sehingga pasar yang ada sangat dipengaruhi oleh perilaku para konsumen dan yang penting perusahaan sebagai yang menawarkan barang hanya bisa mengikuti kehendak konsumen dan bagaimana mengatasi…

  • Fungsi Keuangan Perusahaan

    Pengertian Fungsi Keuangan Perusahaan Pembelanjaan merupakan salah satu fungsi perusahaan selain personalia, pemasaran dan produksi. Pengertian pembelanjaan selalu berubah dari waktu kewaktu, sedangkan pengertian lama pembelanjaan adalah menyediakan dana. Akan tetapi setelah per-ekonomian berkembang terus maka konsep pembelanjaan juga berubah. Pengertian pembelanjaan menurut Bambang Riyanto dalam Dasar-dasar Pembelanja­an Perusahaan adalah suatu usaha menyangkut bagaimana mendapatkan…

  • Fungsi Personalia Perusahaan

    Pengertian Fungsi Personalia Perusahaan Manajemen personalia atau disebut juga manajemen sumber daya manusia me­rupakan fungsi bagian dari manajemen yang berkaitan dengan manusia khususnya bagaimana menjalin kerjasama dalam mengembangkan dan menumbuhkan berbagai kebijaksanaan dalam mempengaruhi orang-orang yang membentuk organisasi maupun dalam membantu para pimpinan sebagai manajer untuk mengelola sumberdaya manusia yang dimiliki perusahaan. Manajemen perosonalia sekarang…

  • Pengelolaan Perusahaan

    Tujuan Perusahaan Perusahaan didirikan tentunya memiliki tujuan yang telah ditetapkan, sebab tujuan merupakan titik tolak bagi segala pemikiran dalam perusahaan dan tujuan juga memberikan arah bagi kegiatan danc ara untuk mengukur efektivitas kegiatan perusahaan. Sering dikatakan bahwa tujuan perusahaan umumnya ialah untuk memuaskan kebutuhan dari konsumen dengan nilai-nilai tertentu. Sebetulnya pertimbangan terakhir mengenai barang dan…